Achmad Dimas Achmad Dimas pernah menjabat sebagai editor dan penulis di Pikiran-Rakyat.com di tahun 2022. Menulis sejak 2017 hingga sekarang. Suka membahas hal trending dan tutorial teknologi.

7 Obat Masuk Angin Tradisional Paling Ampuh Tak Perlu Kerokan

2 min read

Obat Masuk Angin Tradisional

Masuk angin jadi salah satu penyakit yang umum terjadi di Masyarakat Indonesia. Sepele memang tapi cukup menganggu aktivitas karena gejala-gejala yang ditimbulkan seperti mual, muntah, badan lemas, kepala pusing dan perut kembung.

Biasanya penanganan yang diberikan untuk penderita masuk angin yaitu pemberian minuman tolak angin cair atau bisa juga dengan menggunakan metode tradisional kerokan. Cara ini terbukti efektif untuk meredakan gejala-gejala pada masuk angin.

Obat Masuk Angin Tradisional

Namun pada dasarnya masuk angin tidak ada dalam istilah medis. Masuk angin merupakan sebuah gambaran ketika daya tahan tubuh rendah yang menyebabkan gejala pusing, mual, badan lemas, perut kembung dan lain-lain.

Masuk angin masih tergolong sakit ringan namun memang cukup menyulitkan penderita untuk beraktivitas seperti biasanya. Apalagi ketika berpergian jauh, Akan cukup merepotkan jika terkena masuk angin karena bisa mual, muntah hingga kepala pusing yang tak kunjung berhenti.

Nah, Buat anda yang sering berpergian jauh dan sering mengalami masuk angin. Maka bisa cobain beberapa obat masuk angin tradisional yang cukup ampuh mengatasi hal ini.

Obat Masuk Angin Tradisional Paling Ampuh Tak Perlu Kerokan

Beberapa obat masuk angin berikut merupakan tradisional dan yang jelas obat alami.

1. Jahe

Jahe jadi salah satu rekomendasi obat masuk angin tradisional paling ampuh sejak dahulu hingga sekarang. Kandungan dalam jahe memang berkhasiat seperti serat, asam folat, zat besi, kalium, vitamin B3, vitamin B6, vitamin C, vitamin B2, magnesium, fosfor, dan zinc sehingga baik untuk kesehatan.

Apalagi buat daya tahan tubuh yang tengah menurun, Maka bisa sajikan wedang jahe agar tubuh bisa fit kembali. Air panas dengan jahe ini juga memberikan rasa hangat pada tubuh sehingga cocok bagi penderita masuk angin karena kedinginan pas cuaca lagi hujan.

Jahe juga berguna ketika tubuh mengalami mual, pusing, meriang hingga muntah karena masuk angin. Sajikan pas lagi Untuk menyajikan wedang jahe bisa dengan geprek jahe dan tambahkan air panas.

2. Madu

Madu sendiri pada dasarnya kaya akan kandungan dan khasiat penting bagi tubuh. Pada dasarnya madu memiliki antibakteri yang membasmi kuman dalam tubuh. Hal ini membantu meningkatkan daya tahan tubuh ketika mengalami masuk angin.

Untuk penderita masuk angin ada baiknya mencampurkan madu dengan teh hangat. Cukup dengan satu sendok makan madu dan larutkan kedalam teh. Sajikan dan minum selagi hangat.

3. Peppermint

Rasa mual ketika masuk angin memang tidak enak dan bahkan membuat kepala pusing yang tiada henti. Peppermint jadi solusi untuk mengatasi hal ini agar bisa menghilangkan rasa mual dengan menghirupnya.

Obat tradisional ini sudah lama digunakan terutama dalam hal medis untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Penggunaan Peppermint oil sebagai aromaterapi memang bisa untuk meredakan gejala mual dan pusing ketika mengalami masuk angin.

4. Kencur

Bahan bumbu masak di dapur ini juga jadi obat tradisional yang ampuh untuk mengatasi masuk angin. Bahkan sejak lama kencur menjadi obat herbal yang bisa mengatasi berbagai penyakit.

Untuk mengatasi masuk angin dengan kencur. Cukup bisa dengan memarut kencur atau diblender. Kemudian seduh dengan air hangat dan juga garam. Kencur mempunyai kandungan zat sitotoksik dan antibakteri yang berguna untuk mengatasi daya tahan tubuh yang turun karena bakteri.

5. Bawang Putih

Obat masuk angin tradisional berikutnya juga jadi bumbu masak yang wajib ada di dapur. Bawang putih memang jadi obat tradisional sejak dulu bahkan mempunyai banyak sekali khasiat bagi tubuh.

Jika tahan dengan rasa dan baunya, Maka bisa langsung mengunyah bawang putih yang sudah dibersihkan. Atau jika tidak bisa balurkan ke telapak kaki agar kandungannya bisa terserap oleh tubuh.

6. Buah Lemon

Buah lemon yang menyegarkan juga jadi salah satu obat tradisional untuk mengatasi masuk angin. Asam dari lemon bisa menetralisir lambung dan membentuk sebuah senyawa bikarbonat yang bisa meredakan gejala mual.

Untuk menyajikan buah lemon sebagai obat masuk angin cukup mudah. Caranya siapkan air hangat dan beri perasan buah lemon. Sajikan selagi hangat dan efeknya bisa meredakan mual karena masuk angin.

7. Tolak Angin Cair Sidomuncul

Obat Masuk Angin Tradisional Paling Ampuh

Seperti yang diawal bahwa penanganan ampuh untuk mengatasi masuk angin yaitu dengan pemberian minuman Tolak Angin Cair Sidomuncul. Manfaatnya bisa untuk mengatasi masuk angin dengan gejala kembung, mual, sakit perut, pusing, meriang, dan tenggorokan kering.

Kemasan Tolak Angin Cair Sidomuncul cukup kecil dan praktis. Jadi cocok buat yang mau berpergian jauh dan sering terkena masuk angin. Maka bisa bawa Tolak Angin Cair Sidomuncul sebagai persiapan untuk perjalanan.

Aturan minumnya juga cukup mudah yaitu dengan meminumnya sebelum perjalanan 1 sachet. Jika terkena masuk angin bisa minum 1-3 sachet untuk meredakan berbagai gejala karena masuk angin.

Achmad Dimas Achmad Dimas pernah menjabat sebagai editor dan penulis di Pikiran-Rakyat.com di tahun 2022. Menulis sejak 2017 hingga sekarang. Suka membahas hal trending dan tutorial teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − two =