Blogdimas.id – Ada beberapa cara mengatasi GoPay tidak bisa digunakan transaksi. Terlebih kendala satu ini cukup sering terjadi dan dialami oleh sebagian pengguna. Terlebih dompet digital satu ini selain untuk kebutuhan layanan di GoJek juga untuk kebutuhan transaksi lainnya.
GoPay sendiri merupakan dompet digital yang dikembangkan oleh platform GoJek. Awalnya GoPay memang digunakan untuk transaksi keperluan di GoJek. Seperti membayar GoRide, GoCar, GoFood dan layanan lain di aplikasi.
Namun saat ini GoPay bisa menjadi dompet digital untuk keperluan berbagai transaksi. Seperti bayar tagihan, transfer antar GoPay, kebutuhan top up dan lain-lain. Terlebih GoPay mempermudah pengguna untuk transaksi keperluan di GoJek.
Banyaknya transaksi yang bisa dilakukan di GoPay membuat dompet digital satu ini menjadi yang populer di Indonesia. Terlebih banyak sekali pengguna aktif layanan GoJek yang membuat banyak pengguna bergantung dengan dompet digital satu ini.
Baca Juga : RCTI Tidak Ada Di TV Digital
Namun aplikasi dompet digital satu ini tidak luput dari beberapa kendala salah satunya GoPay tidak bisa digunakan untuk transaksi. Kendala ini biasa terjadi ketika digunakan untuk transfer saldo, pembayaran tagihan merchant dan beberapa transaksi lainnya.
Kenapa GoPay Tidak Bisa Digunakan Transaksi ?
Ada beberapa alasan kenapa GoPay tidak bisa digunakan untuk keperluan transaksi. Penyebabnya cukup beragam mulai dari terjadi gangguan layanan, akun belum di upgrade, koneksi internet bermasalah dan beberapa penyebab lainnya.
Biasanya ketika terjadi kendala terdapat notifikasi dari GoPay bahwa akun gagal untuk transaksi. Simak dibawah ini untuk penjelasan lebih detail mengenai penyebab sebelum ke cara mengatasinya.
Penyebab GoPay Tidak Bisa Digunakan Transaksi
- Saldo tidak cukup – Penyebab sepele namun cukup sering terjadi ketika pengguna menggunakan GoPay untuk transaksi namun lupa saldo tidak cukup.
- Terjadi gangguan layanan – GoPay memang jarang sekali mengalami gangguan layanan. Namun ini tidak menutup kemungkinan bisa terjadi.
- Belum upgrade – Akun pengguna biasa memang terbatas untuk keperluan transaksi. Ini juga bisa jadi penyebab kenapa GoPay tidak bisa digunakan transaksi.
- Koneksi internet lambat – koneksi internet perangkat yang lambat juga bisa menghambat transaksi menggunakan GoPay.
- Akun terkunci – Jika akun terkunci jelas GoPay tidak bisa digunakan transaksi. Ini jadi salah satu penyebab kenapa kendala ini bisa terjadi.
Cara Mengatasi GoPay Tidak Bisa Digunakan Transaksi
Ada beberapa cara untuk mengatasi akun GoPay tidak bisa digunakan transaksi.
Upgrade ke Akun GoPay Plus
Jika sobat pengguna akun GoPay biasa maka inilah yang jadi penyebab kenapa GoPay tidak bisa digunakan transaksi. Dimana akun biasa memang terbatas bahkan tidak bisa untuk transfer ke Bank atau ke sesama pengguna.
Sehingga perlu upgrade akun GoPay plus, Dimana proses akun akan memerlukan data sebagai verifikasi seperti kartu KTP. Dan biasanya juga ada foto selfie dengan data pribadi KTP. Nantinya akan di verifikasi terlebih dahulu dan jika berhasil verifikasi maka sobat sudah berhasil upgrade ke akun GoPay plus.
Menunggu Jika Terjadi Gangguan Layanan
Penyebab GoPay tidak bisa digunakan bisa disebabkan karena terjadi gangguan layanan secara massal. Sehingga beberapa layanan seperti transaksi tidak dapat dilakukan. Biasanya gangguan layanan dikarenakan ada perbaikan fitur, server maintenance, server down atau hal lain.
Solusi sebagai pengguna ketika GoPay terjadi gangguan maka menunggu. Biasanya hal ini tidak berlangsung lama dan sobat bisa sementara waktu menunggu hingga normal.
Cek PIN Yang Dimasukkan
Kesalahan memasukkan kode PIN ketika transfer atau transaksi lainnya juga jadi penyebab kendala GoPay tidak bisa digunakan untuk transaksi. Sobat perlu benar memasukkan PIN dan jangan sampai salah.
Cek Koneksi Internet
Koneksi internet pada perangkat juga perlu sobat cek agar GoPay bisa digunakan dengan normal. Karena kebanyakan kendala ini disebabkan karena koneksi internet yang tidak stabil atau cukup lambat.
Hubungi CS GoPay
Jika sobat mengalami kendala GoPay tidak bisa digunakan transaksi karena akun terkunci. Maka satu-satunya solusi yaitu menghubungi CS GoPay. Untuk kontaknya sebagai berikut :
- Email : customerservice@GoJek.com
- Telepon GoJek : +6221-5084-9000
- Instagram : @GoJekIndonesia
- Twitter: @GoJekindonesia
- Line : GoJek Indonesia
Akhir Kata
Demikian informasi mengenai cara mengatasi GoPay tidak bisa digunakan transaksi. Sobat bisa ikuti beberapa cara di atas untuk kendala satu ini. Sekian dari Blogdimas.id dan terimakasih telah membaca.