7 Hal Yang Wajib Dipersiapkan Agar Tes CPNS Berjalan Lancar - Blog Dimas
News Update
Loading...

Senin, 18 November 2019

7 Hal Yang Wajib Dipersiapkan Agar Tes CPNS Berjalan Lancar

Kesempatan untuk menjadi CPNS kembali terbuka. Pemerintah secara resmi mengumumkan bahwa pendaftaran CPNS akan segera dimulai.

Ada beberapa tahap yang harus dilalui peserta pendaftar CPNS yaitu pendaftaran dan seleksi administrasi secara online. Tes Kemampuan Dasar (TKD) yang dilakukan dengan sistem CAT, serta Tes Kemampuan Bidang (TKB).

7 Hal Yang Wajib Dipersiapkan Agar Tes CPNS Berjalan Lancar

Untuk melalui semua tahapan tersebut dengan lancar dan sukses, maka segala sesuatunya wajib dipersiapkan dengan baik.

Ada beberapa hal yang wajib dipersiapkan sebelum pendaftaran hingga menjelang tes CPNS. Secara keseluruhan persiapan tes CPNS dapat dibagi menjadi dua yaitu sebelum pendaftaran dan sesudah pendaftaran.

Berikut adalah 7 hal yang harus dipersiapkaan  agar Tes CPNS berjalan lancar tanpa hambatan

Persiapan Sebelum Pendaftaran CPNS


1. Mengumpulkan informasi terkait pendaftaran CPNS


Informasi  merupakan salah satu hal penting yang wajib diperhatikan bagi semua kalangan yang akan mendaftar pada seleksi CPNS. 

Informasi pertama yang harus diperhatikan adalah tanggal pembukaan pendaftaran dan penutupn pendaftaran. Hal ini sangat penting untuk diingat agar tidak terjadi keterlambatan pendaftaran.

Informasi kedua terkait dengan instansi dan formasi yang tersedia. Setelah mengetahui instansi dan formasi yang tersedia alangkah baiknya jika kita melihat dan menimbang berapa jumlah formasi yang dibutuhkan serta berapa banyak peminatnya.

Dengan demikian probabilitas untuk diterima bisa jadi semakin besar.


2. Mempersiapkan berkas yang dibutuhkan jauh-jauh hari


Berkas pendaftaran CPNS  merupakan hal yang paling penting saat melakukan pendaftaran, oleh karena itu siapkanlah jauh-jauh hari. Mempersiapkan berkas agar lolos tes CPNS dapat diawali dengan meneliti nomor KTP serta nomor KK.

Cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui valid atau tidaknya nomor KTP ataupun KK yaitu dengan mengakses dinas kependudukan provinsi masing-masing. Jika terjadi masalah,  maka segeralah mengurusnya ke dinas kependudukan daerah setempat. Selain KTP dan KK, siapkan pula scan ijazah dan transkrip yang diperlukan.


Persiapan Setelah Pendaftaran



1. Selalu update info terkini terkait tes CPNS


Waktu tunggu antara pendaftaran dan pengumuman seleksi administrasi biasanya tidak terlalu lama. Rajin-rajinlah untuk mengecek informasi terbaru melalui laman resmi pemerintah agar tidak ketinggalan informasi.

Setelah dinyatakan lolos seleksi administrasi, jangan lupa untuk melihat jadwal dan tempat tes yang ditentukan. Tempat dan jadwal tes terkadang juga dapat berubah, maka jangan hanya sekali saja untuk melihat jadwal dan tempat tes.


2. Mengatur Waktu Dengan Baik 


Mengatur waktu antara kesibukan saat ini dan waktu untuk belajar tidaklah mudah. Namun hal ini penting dilakukan jika kita ingin lolos dalam tes CPNS. Tiga bidang yang diujikan dalam tes CPNS adalah Tes Wawasan Kebangsaan (TWK),

Tes Intelegensia Umum(TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). B [erlatih soal dengan rajin dan cermat tentu akan sangat membantu saat nanti ujian berlangsung. Pandai-pandailah mengatur waktu untuk belajar dan berlatih soal agar tidak menyesal kemudian. 


3. Berlatih Soal Dengan Teman Secara Rutin


Belajar dan berlatih soal sendirian kadang membuat kita merasa bosan, maka kita dapat belajar dan berlatih soal bersama teman. Selain menghilangkan rasa bosan, belajar dan berlatih soal dengan teman juga dapat menambah pengetahuan kita.

Pengetahuan terkait soal yang baru dan model penyelesaian baru akan kita dapatkan mengingat perbedaan sumber belajar yang dimiliki (misalnya buku latihan soal).

4. Mempersiapkan Mental Dan Fisik


Fisik yang prima dan mental yang kuat akan menjadi salah satu faktor penentu dalam menyelesaikan tes CPNS. Kondisi fisik yang sehat akan mendukung kondisi mental.

Dalam keadaan sehat tentunya seseorang akan lebih optimal dalam mengerjakan tes. Kesiapan mental akan mampu membuat kita merasa tenang dan mampu. Ketenangan ini akan membuat kita mampu berpikir dengan baik.


5. Meminta Restu Orang Tua Dan Berdoa Kepada Tuhan


Terakhir yang tak kalah penting adalah doa dan restu  orang tua. Dukungan penuh dari orang tua tentu akan menambah semangat bagi kita. Semangat yang kita punya akan menguatkan kondisi mental. Doa orang tua juga dipercaya dapat membuka pintu-pintu langit.


Selain doa orang tua, tentunya kita juga harus berdoa sesuai kepercayaan masing-masing. Tuhan tentunya akan menunjukkan jalan terbaik sesuai dengan seberapa besar usaha yang kita lakukan. 

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done