Achmad Dimas Achmad Dimas pernah menjabat sebagai editor dan penulis di Pikiran-Rakyat.com di tahun 2022. Menulis sejak 2017 hingga sekarang. Suka membahas hal trending dan tutorial teknologi.

Kenapa Bi Fast Mandiri Tidak Bisa Digunakan ? Inilah 5 Solusi Alternatif

2 min read

Bi Fast Mandiri Tidak Bisa Digunakan

Blogdimas.id – Banyak pengguna yang mengeluhkan kenapa Bi Fast Mandiri tidak bisa digunakan. Hal ini tentunya disebabkan oleh beberapa penyebab dan memang kendala ini cukup sering terjadi.

Buat yang belum tahu BI Fast adalah sistem pembayaran ritel nasional yang diciptakan oleh Bank Indonesia dengan tujuan menyediakan layanan transfer dana yang lebih cepat, lebih aman, dan lebih efisien antar bank di Indonesia.

Bi Fast Mandiri Tidak Bisa Digunakan

Keunggulan layanan Bi Fast yaitu transfer dana real time, 24 jam, biaya transaksi lebih murah, keamanan terjamin dan memberikan kemudahan pada pengguna. Dan Hampir semua bank di Indonesia sudah terhubung dengan sistem BI Fast.

Ketahui juga cara mengatasi Tidak Bisa Posting di Marketplace Facebook.

Salah satunya Bank Mandiri dan ada pada aplikasi Livin by Mandiri. Namun sayangnya layanan satu ini sering mengalami kendala seperti yang kita bahas saat ini yaitu Bi Fast Mandiri tidak bisa digunakan.

Kenapa Bi Fast Mandiri Tidak Bisa Digunakan ?

Alasan kenapa Bi Fast Mandiri tidak bisa digunakan yaitu dikarenakan terjadi gangguan pada layanan ini. Dimana hal ini wajar pada sistem perbankan terutama pada aplikasi mobile banking.

Kendala bisa disebabkan karena memang layanan Bi Fast mengalami gangguan atau memang terjadi gangguan pada layanan mobile banking Livin by Mandiri.

Ketika hal ini terjadi maka semua pengguna termasuk Nasabah Bank Mandiri tidak bisa menggunakan layanan Bi Fast ini dan kendala ini biasanya terjadi sewaktu-waktu. Lantas bagaimana solusi ketika kendala ini terjadi ? berikut beberapa opsi yang bisa sobat coba.

Solusi Bi Fast Mandiri Tidak Bisa Digunakan

Sebenarnya untuk kendala layanan Bi Fast tidak bisa digunakan karena gangguan memang perlu alternatif lain karena memang kendala ini disebabkan dari layanan nya yang bermasalah. Berikut beberapa opsi alternatif sekaligus solusi ketika layanan ini gangguan.

1. Cek Gangguan Bi Fast

Sebelum melakukan transfer dana ke Bank lain menggunakan Bi Fast, Usahakan cek dulu apakah mengalami gangguan atau tidak. Disini ada layanan dari Cekgangguan.id untuk memantau apakah layanan Bi Fast mengalami gangguan.

Berikut link nya (https://www.cekgangguan.id/layanan/bi-fast). Jika terpantau terjadi gangguan maka hindari menggunakan layanan Bi Fast ketika transaksi di Livin by Mandiri.

Baca juga penyebab dan solusi TikTok Shop Tidak Bisa Dibuka.

2. Hindari Transfer di Jam Offline

Bi Fast memang fitur yang tidak hanya ada di mobile banking namun ada pada layanan lainnya. Tentunya transaksi di jam offline membuat layanan Bi Fast pada Bank Mandiri juga tidak bisa digunakan.

Itulah kenapa hindari transfer menggunakan Bi Fast pada jam-jam offline. Usahakan pada jam biasa yang cocok untuk transaksi. Biasanya untuk jam offline yaitu pada larut malam hingga pagi.

3. Cek Gangguan Layanan Bank Mandiri

Bi Fast tidak bisa digunakan ketika transfer pada Bank Mandiri. Bisa jadi dikarenakan layanan gangguan transaksi pada Bank Mandiri terutama pada aplikasi mobile banking nya yaitu Livin.

Memang aplikasi Livin by Mandiri sering mengalami gangguan layanan yang menyebabkan para penggunanya tidak bisa transaksi pada aplikasi terutama untuk menggunakan layanan Bi Fast.

4. Menunggu Hingga Normal

Biasanya kendala layanan Bi Fast tidak bisa digunakan karena terjadi gangguan hanya berlangsung sementara waktu. Dan sebagai Nasabah yang hendak transfer ke antar bank bisa menunggu hingga layanan normal.

Karena adanya gangguan ini hanya sementara waktu bahkan sebentar saja. Jika tidak terburu-buru bisa menunggu hingga layanan Bi Fast bisa normal dan bisa transfer nantinya di aplikasi Livin by Mandiri.

5. Gunakan Layanan ATM

Jika layanan Bi Fast di aplikasi Livin by Mandiri tidak bisa digunakan karena aplikasi mobile banking yang terkena gangguan. Maka bisa gunakan layanan ATM Bank Mandiri terdekat agar bisa tetap melakukan transfer menggunakan Bi Fast. Hal ini merupakan opsi alternatif ketika layanan mobile banking Bank Mandiri mengalami gangguan.

Akhir Kata

Demikian mengenai alasan kenapa Bi Fast Mandiri tidak bisa digunakan. Penyebab utama kendala ini disebabkan karena adanya gangguan pada sistem Bi Fast dan biasanya tidak berlangsung lama. Sobat bisa menunggu atau gunakan layanan transfer lainnya yang normal.

Achmad Dimas Achmad Dimas pernah menjabat sebagai editor dan penulis di Pikiran-Rakyat.com di tahun 2022. Menulis sejak 2017 hingga sekarang. Suka membahas hal trending dan tutorial teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten + 6 =