admin Sebenarnya suka dia, Berhubung dia suka sama yang lain jadi menulis tutorial di blogdimas saja.

Kenapa Set Top Box Cepat Panas ? Begini 3 Solusinya

1 min read

Kenapa set top box cepat panas

Blogdimas.id – Kenapa set top box cepat panas menjadi pertanyaan yang banyak ditanyakan. Terlebih banyak Masyarakat yang baru memasang setelah Pemerintah mulai memberhentikan siaran TV analog dan mendorong Masyarakat ke siaran digital.

Set top box sendiri merupakan alat yang membantu TV untuk mendapatkan siaran digital dan memberikan beberapa kelebihan seperti akses internet, tersedia beberapa aplikasi dan masih banyak lagi.

Kenapa set top box cepat panas

Tentunya STB ini cukup membantu terutama bagi Masyarakat yang masih menggunakan TV tabung analog agar bisa mendapatkan siaran digital dengan mudah. Terlebih set top box mempunyai harga terjangkau dan penggunaan yang mudah.

Baca Juga : Cara Mencari Channel ANTV Yang Hilang Di Set Top Box

Namun penggunaan STB bagi Masyarakat masih terdapat beberapa kendala salah satu nya set top box cepat panas hingga mengalami overheat.

Kenapa Set Top Box Cepat Panas ?

Ada beberapa alasan kenapa set top box cepat panas. STB cepat panas atau overheat bisa disebabkan karena penggunaan berlebihan seperti untuk nonton YouTube dan membuka aplikasi lain yang berlebihan.

Set top box juga bisa cepat panas dikarenakan suasana yang panas dan juga penggunaan dalam jangka waktu lama. Hal ini tentunya bisa berdampak buruk pada STB mengingat alat satu ini juga alat elektronik yang bisa rusak sewaktu-waktu.

Lantas bagaimana solusi agar set top box tidak cepat panas dan tahan lama ? disini saya akan memberikan beberapa solusinya.

Solusi Set Top Box Cepat Panas

Berikut beberapa solusi agar set top box tidak cepat panas.

Gunakan Kipas Pendingin

Jika sobat mempunyai budget lebih maka beli juga alat tambahan set top box yaitu kipas pendingin atau fan cooler khusus router atau set top box. Dimana kipas pendingin ini dapat membantu mendinginkan STB agar set top box tidak cepat panas.

Jika sobat kesulitan mendapatkan kipas pendingin set top box di toko elektronik terdekat, Maka bisa membeli di e-commerce seperti Shopee, Tokopedia dan lainnya. Untuk kisaran harga di 40rb – 120rb.

Matikan STB Jika Tidak Digunakan

Penggunaan set top box dalam jangka waktu lama tentunya berpengaruh pada STB cepat panas. Itulah kenapa set top box yang tidak digunakan alangkah baiknya untuk dimatikan sementara waktu.

Sobat bisa mematikan STB dengan menggunakan remote set top box dan dimatikan dengan mencabut kabel power. Dengan begitu STB benar-benar mati dan bisa istirahat sementara waktu ketika tidak digunakan.

Beli STB Yang Berkualitas Dan Sudah Tersertifikasi

Pembelian STB juga tidak boleh sembarang, Hal ini juga menghindari set top box yang cepat panas dan juga sering overheat. Usahakan bagi sobat untuk membeli set top box yang berkualitas dan juga sudah tersertifikasi Kominfo untuk menjamin keamanan serta kualitas.

Sertifikat dari Kominfo terdapat tiga tanda khusus di perangkat STB, yakni terdapat tulisan DVB-T2, tulisan “Siap Digital”, dan gambar maskot Modi.

Akhir Kata

Demikian informasi mengenai kenapa set top box cepat panas beserta 3 solusi yang perlu diketahui. Sekian dari Blogdimas.id dan terimakasih telah membaca.

admin Sebenarnya suka dia, Berhubung dia suka sama yang lain jadi menulis tutorial di blogdimas saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 + 8 =