Achmad Dimas Achmad Dimas pernah menjabat sebagai editor dan penulis di Pikiran-Rakyat.com di tahun 2022. Menulis sejak 2017 hingga sekarang. Suka membahas hal trending dan tutorial teknologi.

10 Kelebihan dan Kekurangan LCD InCell Yang Wajib Kamu Ketahui

1 min read

Screen structure of incell screen ezgif.com optiwebp

Blogdimas.id – Siapa yang belum tahu apa saja kelebihan dan kekurangan LCD InCell. Pastinya hanya beberapa orang saja yang mengetahui, Namun sebagian mengetahui apa itu LCD dari smartphone yang digunakan.

Jika kita membeli sebuah smartphone, Pastinya kita akan mencari tahu lebih detail spesifikasi nya mulai dari chipset, RAM, resolusi kamera, hingga LCD nya. Semakin bagus LCD nya, Maka semakin bagus pula warna yang dihasilkan.

Screen structure of incell screen ezgif.com optiwebp

Untuk layar LCD InCell adalah teknologi layar yang menyatukan lapisan sentuh (touchscreen) langsung ke dalam panel LCD, menghasilkan desain yang lebih tipis dan ringan pada perangkat elektronik seperti smartphone atau tablet. Hal ini dapat meningkatkan ketajaman gambar dan responsivitas sentuhan.

Baca juga cara mengatasi Channel RCTI Hilang di TV Menggunakan STB.

Layar LCD ini cukup rumit namun cukup bagus untuk layar sebuah smartphone. Harganya juga terbilang lebih mahal dari layar biasanya. Lantas apa saja kelebihan dan kekurangan layar LCD InCell ? yuk simak berikut ini.

Kelebihan LCD InCell

Kita bahas terlebih dahulu apa saja kelebihan dari layar LCD InCell sebagai berikut.

1. Sifat Layar Lebih Responsif

Sifat layar LCD InCell memang lebih responsif dengan kecepatan respons yang luar biasa, Hal ini memberikan pengalaman sentuhan yang lebih responsif dan mulus bagi pengguna.

2. Tampilan Lebih Jernih dan Bagus

Kelebihan layar LCD InCell berikutnya yaitu tampilan lebih jernih dengan teknologi yang canggih. Layar InCell menghasilkan tampilan yang menjadikan pengalaman menonton atau bermain game memuaskan.

3. Konsumsi Daya Yang Rendah

Salah satu keunggulan besar LCD InCell adalah konsumsi daya yang rendah. Membuat perangkat bisa digunakan lebih lama dan tentunya lebih efisien karena tidak perlu mengisi daya berulang.

4. Desain Tipis

Kelebihan layar LCD InCell berikutnya yaitu desainnya yang tipis. Membuat smartphone saat ini bisa membuat body yang ramping dan elegan jika dilihat. Hal ini jadi keunggulan tersendiri dibanding layar jenis lainnya.

5. Detail dan Warna Yang Lebih Akurat

Detail dan warna pada layar InCell lebih akurat. Membuat pengguna dimanjakan oleh warna yang yang dihasilkan dengan detail yang memukau.

Ketahui juga cara mengatasi Yandex Tidak Bisa Mencari Video.

Kekurangan LCD InCell

Selain beberapa kelebihan diatas, Terdapat beberapa kekurangan LCD InCell yang perlu diketahui sebagai berikut.

1. Harga Lebih Mahal

Salah satu kekurangan layar LCD InCell adalah harga yang lebih tinggi, membuat perangkat dengan layar InCell cenderung lebih mahal dibandingkan dengan alternatifnya.

2. Penggantian Rumit

Ketika layar InCell mengalami kerusakan, penggantian bisa menjadi tugas yang rumit. Tentunya biaya service nantinya bisa lebih mahal ketimbang penggantian jenis layar lainnya.

3. Rentan Terhadap Goresan dan Benturan

Kekurangan layar LCD InCell berikutnya yaitu rentan terhadap goresan dan juga benturan. Meskipun tipis, layar InCell memang lebih rentan terhadap goresan dan benturan, menuntut pengguna untuk lebih berhati-hati dalam penggunaan sehari-hari. Namun saat ini layar jenis ini diperkuat untuk lebih tahan goresan dan benturan.

4. Kualitas Warna Lebih Baik LCD Original

Beberapa pengguna mungkin merasakan perbedaan dalam kualitas warna, yang bisa menjadi kurang intens dibandingkan dengan LCD original. Memang kualitas warna masih lebih baik LCD original.

5. Kecerahan Layar Lebih Baik LCD Original

Pada kondisi tertentu, kecerahan layar LCD InCell mungkin sedikit kalah bersaing dengan LCD original, terutama di bawah sinar matahari yang terang. Kecerahan cukup penting bagi sebagian pengguna terutama yang sering aktivitas di luar.

Achmad Dimas Achmad Dimas pernah menjabat sebagai editor dan penulis di Pikiran-Rakyat.com di tahun 2022. Menulis sejak 2017 hingga sekarang. Suka membahas hal trending dan tutorial teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 4 =