Achmad Dimas Achmad Dimas pernah menjabat sebagai editor dan penulis di Pikiran-Rakyat.com di tahun 2022. Menulis sejak 2017 hingga sekarang. Suka membahas hal trending dan tutorial teknologi.

5 Trik Produktivitas Menulis yang Efektif untuk Blogging Startup

3 min read

Trik Produktivitas Menulis yang Efektif untuk Blogging Startup

Menulis secara produktif bisa jadi cukup sulit bagi penulis yang baru memulai blog. Mereka mungkin merasa terbebani oleh banyak hal dan kehilangan fokus pada hal yang benar-benar penting, yaitu menulis.

Meskipun mereka dapat menyelesaikan beberapa pekerjaan terlepas dari semua gangguan, produktivitas mereka tidak akan setinggi yang seharusnya.

Itulah yang akan kami ajarkan di Blog Dimas kepada Anda, menulis secara produktif. Pahami bahwa ini tidak berarti kami menganjurkan kuantitas daripada kualitas.

Kualitas harus selalu diutamakan, tetapi jangan terpaku pada kesempurnaan karena pengerjaan yang buruk masih jauh lebih baik daripada tidak lengkap.

Jadi, mari kita lihat bagaimana Anda dapat meningkatkan produktivitas menulis dan membuat blog Anda sukses.

5 Tips Meningkatkan Produktivitas Menulis

1. Pisahkan Penulisan dan Editing

Jangan menulis dan mengedit secara bersamaan. Ini adalah dua tugas yang berbeda secara fundamental dan karenanya membutuhkan perhatian penuh Anda. Jika Anda mulai membagi perhatian Anda di antara kedua tugas tersebut, Anda akan merasa bahwa Anda tidak dapat melakukan keduanya secara efektif.

Trik Produktivitas Menulis yang Efektif untuk Blogging Startup

Jadi, inilah saran kami dan juga saran dari banyak orang lainnya; jangan mengedit saat Anda menulis. Saat Anda duduk untuk menulis, katakan pada diri sendiri bahwa tidak apa-apa membuat kesalahan dan Anda akan membuat kesalahan. Tapi katakan juga pada diri sendiri, bahwa menulis bukanlah waktu untuk memperbaiki kesalahan tersebut.

Sekarang duduk dan mulailah menulis draf blog Anda dan jangan berhenti sampai selesai. Setelah selesai, ambil nafas, pergi keluar, atau minum. Lakukan apa pun yang diperlukan untuk merasa rileks dan keluar dari pola pikir menulis.
Sekarang Anda dapat mulai mengedit.

Anda akan menemukan bahwa dengan tidak menyunting selama proses penulisan, kecepatan menulis Anda meningkat secara dramatis. Itu karena alasan berikut.

  • Dikarenakan tidak ada interupsi karena editing aliran ide yang mengalir tanpa henti sehingga menghasilkan alur tulisan yang lancar.
  • Karena kurangnya interupsi, penulis dapat memasuki keadaan mengalir di mana kecepatan menulis meningkat sehingga produktivitas meningkat tajam.

Jadi, selalu pisahkan kedua tugas ini.

2. Menulis di Lingkungan Bebas Gangguan

Trik Produktivitas Menulis yang Efektif untuk Blogging Startup

Gangguan adalah musuh produktivitas. Secara statistik tidak mungkin menjadi produktif dengan banyak gangguan di sekitarnya. Gangguan bisa berupa apa saja, bisa berupa:

  • Suara keras dari lingkungan Anda
  • Pencahayaan tidak teratur
  • Notifikasi di perangkat Anda
  • Dorongan untuk menggunakan ponsel atau komputer Anda untuk hal-hal selain bekerja.

Untuk meningkatkan produktivitas, Anda harus menghilangkan semua hal ini. Anda harus mengatakan pada diri sendiri bahwa ini adalah waktu untuk bekerja dan bukan untuk bersenang-senang.

Tentu saja, hanya mengatakan pada diri sendiri bahwa itu tidak akan ada gunanya bagi Anda, jadi inilah beberapa tips praktis untuk membantu Anda.

  • Matikan ponsel Anda atau masukkan ke mode “Jangan ganggu” yang membisukan semua notifikasi sepenuhnya.
  • Hanya buka tab di komputer/laptop kerja Anda yang diperlukan untuk menulis blog Anda dan tutup yang lainnya.
  • Nonaktifkan notifikasi desktop dari media sosial dan situs web non-esensial lainnya agar tidak mengganggu Anda selama bekerja.
  • Nonaktifkan semua pemeriksa tata bahasa seperti Grammarly yang dapat mendeteksi kesalahan secara waktu nyata. Ini adalah panggilan kembali ke poin pertama memisahkan penulisan dan pengeditan sepenuhnya.
  • Gunakan penyumbat telinga atau headphone peredam bising untuk menyaring kebisingan sekitar untuk mencegah gangguan.

Lakukan semua itu dan Anda akan lebih produktif.

3. Selalu Buat Rencana Tindakan Terperinci

Trik Produktivitas Menulis yang Efektif untuk Blogging Startup

Salah satu alasan utama untuk menjadi tidak produktif adalah kurangnya perencanaan. Anda tidak bisa hanya duduk dan mulai menulis posting blog tanpa setidaknya memikirkan apa yang ingin Anda diskusikan.

Perencanaan adalah langkah penting dalam blogging. Berikut adalah rencana umum yang dapat membantu Anda menjadi lebih produktif.

  • Teliti topik posting blog Anda.
  • Tuliskan apa yang menurut Anda merupakan poin penting untuk topik Anda.
  • Buat garis besar awal.
  • Sisihkan waktu untuk menulis draf pertama Anda dan patuhi waktu yang dijadwalkan itu.
  • Istirahat.Mulai mengedit draf Anda.
  • Kerjakan gambar untuk kiriman Anda
    Mengoreksi sekali lagi.
  • Tetapkan waktu untuk memposting konten Anda.

Salah satu elemen terpenting dalam perencanaan adalah waktu. Anda harus menyisihkan waktu dan menaatinya untuk menyelesaikan tugas.

Anda tidak akan pernah berhasil jika Anda tidak dapat mengikuti aturan Anda sendiri. Anda mungkin harus bersikap keras pada diri sendiri untuk sementara waktu, tetapi pada akhirnya Anda akan sangat berterima kasih.

4. Manfaatkan Alat Pengoptimalan Konten untuk Menghemat Waktu

Tidak semua tips untuk meningkatkan produktivitas berkaitan dengan kedisiplinan. Hari ini kita hidup di era kemajuan teknologi. Secara alami, itu berarti beberapa alat dapat membantu penulis menjadi lebih produktif.

Trik Produktivitas Menulis yang Efektif untuk Blogging Startup

 

Salah satu favorit pribadi kami adalah alat yang membantu menyempurnakan tulisan Anda. Tentu saja, ini menyiratkan bahwa alat tersebut harus digunakan dalam proses pengeditan daripada tahap penulisan.

Alat parafrase adalah salah satu alat yang paling sering digunakan untuk memperbaiki tulisan. Seperti yang Anda ketahui, parafrase adalah proses memodifikasi teks sehingga sintaksnya diubah tetapi poin utamanya tetap tidak berubah.

Ada banyak alat AI di luar sana yang dapat parafrase teks apa pun secara alami. Maksud kami, keluarannya mirip dengan tulisan manusia dan tidak terasa robot. Start-up mungkin tidak memiliki modal untuk membeli solusi perusahaan untuk seluruh tim penulis mereka.

Itu sebabnya mereka harus memeriksa solusi gratis di internet karena jumlahnya banyak. Dan parafrase hanyalah salah satu dari banyak alat semacam itu. Jika Anda mencari, Anda akan menemukan bahwa ada alat yang dapat membantu hampir semua aspek penulisan, bahkan tahap perencanaan dan penelitian.

5. Baca Secara Luas

Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana membaca berhubungan dengan menulis. Yah, semuanya bermuara pada menulis. Ketika seorang penulis menulis posting blog, mereka hanya menggabungkan banyak informasi yang mereka baca dan menyusunnya kembali dengan gaya mereka.

Trik Produktivitas Menulis yang Efektif untuk Blogging Startup

Membaca juga memiliki manfaat untuk memperluas kosa kata dan pengetahuan Anda. Semakin banyak Anda membaca semakin banyak ide akan datang kepada Anda. Semakin baik aliran ide Anda, semakin cepat Anda akan menulis.

Dan tentu saja, kosakata yang baik untuk membantu Anda mengartikulasikan ide-ide ini akan selalu membantu Anda menulis dengan cepat.

Jadi, hal-hal seperti apa yang harus Anda baca? Itu pertanyaan yang bagus karena membaca novel hobi sampah justru akan menurunkan kemampuan menulis Anda. Itu sebabnya Anda harus memastikan bahwa Anda hanya membaca artikel berkualitas tinggi.

Beberapa contoh tulisan berkualitas yang bagus adalah:

  • Koran. Jurnalisme adalah salah satu bentuk penulisan tertinggi dan kolom berita memiliki kualitas yang sempurna.
  • Makalah penelitian. Mereka juga merupakan salah satu bentuk tulisan terbaik karena tunduk pada prosedur penyuntingan yang ketat.
  • Buku. Buku-buku ilmiah selalu merupakan sumber informasi yang andal.
    Jadi, bacalah dengan baik untuk menulis dengan cepat.

Kesimpulan

Meningkatkan produktivitas menulis diperlukan untuk startup blogging karena mereka perlu mengisi blog mereka dengan cepat dengan konten berkualitas.

Blogging adalah cara yang bagus untuk mulai menghasilkan uang, tetapi kelemahan terbesarnya adalah mulai menghasilkan keuntungan hanya dalam jangka panjang. “Jangka panjang” ini dapat dipersingkat secara signifikan dengan memposting konten dengan cepat.

Jadi, itulah mengapa startup blogging membutuhkan peretasan produktivitas. Kami telah membahas lima peretasan semacam itu dan mereka dapat membantu penulis Anda membuat konten berkualitas tinggi dengan cepat dan efisien.

Achmad Dimas Achmad Dimas pernah menjabat sebagai editor dan penulis di Pikiran-Rakyat.com di tahun 2022. Menulis sejak 2017 hingga sekarang. Suka membahas hal trending dan tutorial teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 + 7 =