5 Cara Mengatasi Video Telegram Tidak Bisa Disimpan Di Galeri

1 min read

Beberapa pengguna akhir-akhir ini bertanya kenapa video Telegram tidak bisa disimpan di galeri. Karena banyak dari pengguna yang mengalami hal ini sehingga sulit dari mereka untuk menyimpan video yang sudah di unduh.
Sebenarnya untuk cara mengatasi video di Telegram cukup mudah. Dan sobat perlu tahu terlebih dahulu kenapa masalah ini bisa terjadi.
Cara Mengatasi Video Telegram Tidak Bisa Disimpan Di Galeri
Di Telegram sendiri memang sangat mudah untuk mengirim file media terutama untuk video. Apalagi di telegram tidak terdapat limit yang cukup kecil seperti di Whatsapp. Hal ini menjadi kelebihan tersendiri bagi pengguna Telegram karena pengguna bisa mengirim video dengan ukuran besar.
Untuk mengirim video di Telegram juga cukup mudah dan tak jauh berbeda seperti halnya kita mengirim video lewat Whatsapp. Akan tetapi yang menjadi permasalahan yaitu video gagal tersimpan ke galeri.
Karena biasanya video yang masuk di Telegram akan secara otomatis masuk juga ke galeri. Sehingga hal ini mempermudah pengguna yang akan melihat video yang masuk di Telegram. Namun jika tidak masuk ke galeri berarti video yang masuk tidak tersimpan.

Cara Mengatasi Video Telegram Tidak Bisa Disimpan Di Galeri

Berikut ini beberapa cara mengatasi video Telegram tidak bisa disimpan di galeri.

1. Selesaikan Unduhan Video

Jika video Telegram belum terselesaikan untuk unduhan, Maka secara otomatis video tersebut tidak bisa tersimpan di galeri. Oleh karena itu pastikan video yang masuk dari Telegram di unduh dan diselesaikan terlebih dahulu. Agar video yang masuk tersebut bisa masuk ke galeri.

2. Aktifkan Fitur Untuk Menyimpan Gambar Di Telegram Ke Galeri

Banyak pengguna Telegram yang belum tahu bahwa ada fitur untuk menyimpan gambar yang berada di Telegram ke galeri. Jika fitur ini tidak aktif, Maka secara otomatis video tidak bisa tersimpan ke Galeri.
Nama fiturnya sendiri di Telegram bernama “save to gallery”. Dan untuk mengaktifkannya sebagai berikut.
  1. Buka aplikasi Telegram.
  2. Buka menu aplikasi Telegram.
  3. Kemudian masuk ke pengaturan.
  4. Pilih pengaturan obrolan.
  5. Lalu aktifkan fitur “save to gallery”.
  6. Maka secara otomatis video akan tersimpan ke galeri.

3. Beri Ruang Pada Penyimpanan

Jika penyimpanan penuh, Maka bisa jadi inilah penyebab kenapa video Telegram tidak bisa di simpan ke galeri. Jika ruang penyimpanan benar-benar penuh, Maka sobat perlu memberi ruang dengan cara menghapus file yang tidak penting.

4. Perbarui Versi Telegram

Solusi keempat yaitu sobat bisa mencoba perbarui versi aplikasi Telegram. Karena bisa jadi versi lama aplikasi Telegram yang menyebabkan video di Telegram tidak bisa disimpan ke galeri. Sobat bisa cek di Playstore untuk melihat apakah ada versi terbaru atau tidak.

5. Berikan Izin Aplikasi Untuk Akses Penyimpanan

Sobat juga pastikan bahwa untuk izin akses penyimpanan di aplikasi Telegram sudah di centang. Karena jika belum maka masalah video Telegram tidak bisa disimpan bisa terjadi. Sobat bisa cek dibagian izin penyimpanan aplikasi Telegram.
Akhir Kata
Itulah penjelasan mengenai video Telegram tidak bisa disimpan ke galeri. Semoga informasi diatas membantu dan terimakasih telah membaca artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.