Dimas Selain suka dia, Saya juga suka bagi tutorial di Blogdimas.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Hidup Mati Lagi

1 min read

Bagi pengguna ponsel Xiaomi mungkin pernah mengalami masalah ketika HP dihidupkan, tak berselang lama tiba-tiba mati sendiri lalu hidup lagi. Padahal kita tidak melakukan restart HP sama sekali.
Sudah pasti hal seperti ini sangat mengganggu. Bayangkan saja, lagi enak-enaknya chattingan sama gebetan, eh HP malah mati. Terkadang HP hidup lalu mati ini terjadi beberapa kali dalam kurun waktu 10 sampai 20 menit.
Masalah tersebut dikenal dengan istilah bootloop. Kadang kala juga, bootloop ini dibarengi denngan meningkatnya suhu pada ponsel tersebut (ponsel terasa sedikit panas).
Cara Mengatasi HP Xiaomi Hidup Mati Lagi
Adapun problem ponsel Xiaomi yang hidup mati terus-terusan disebabkan karena beberapa hal, diantaranya yaitu kapasitas RAM habis alias sudah kepenuhan, adanya virus atau malware, suhu yang terlalu tinggi, kesalahan custom ROM, menginstall aplikasi dari sumber yang tidak jelas, dan masih banyak lagi yang lainnya.
 

Cara Mengatasi HP Xiaomi Hidup Mati Lagi

HP Xiaomi Anda mengalami bootloop? Tak perlu panik, karena masalah ini sebenarnya bisa diatasi dengan sangat mudah. Silakan lakukan hal-hal berikut ini untuk mengatasinya :
 

Hapus Data atau Cache

Sebagaimana yang diketahui, salah hal yang membuat HP Xiaomi hidup mati sendiri karena RAM dan memori yang sudah terlalu kepenuhan. Dengan menghapus data dan atau cache, harapannya RAM menjadi lebih lega sehingga masalah bootloop bisa teratasi.
Jika dengan menghapus data dan cache belum cukup untuk menyelesainya problem ini, alternatif lain coba lakukan hard reset atau factory Reset. Namun, sebelum itu lakukan backup terlebih dahulu karena factory reset ini bisa menghilangkan data-data yang ada di HP Anda.
 

Hapus Aplikasi yang Tidak Resmi

Cara mengatasi HP Xiaomi hidup mati lagi selanjutnya adalah dengan menghapus aplikasi tidak resmi jika memang ada. Maksud dari aplikasi tidak resmi ini adalah aplikasi yang bukan berasal dari google play store.
Mengapa demikian? Sebabnya, aplikasi-aplikasi tersebut bukan tidak mungkin tertanam virus atau marlware yang dapat membahayakan HP Anda. Kalau sudah dihapus, usahakan jangan lagi menginstall aplikasi-aplikasi seperti itu.
 

Kurangi Penggunaan Smartphone

Kalau kamu terlalu sering menggunakan smartphone, terlebih lagu melakukan aktivitas yang memakan banyak RAM seperti bermain game, membuat smartphone menjadi lebih cepat panas. Hal ini berlaku untuk smartphone merek apa saja. Termasuk itu smartphone merek Xiaomi.
Ketika HP sudah terlalu panas, biasanya akan menimbulkan banyak masalah. Termasuk salah satunya mengalami bootloop atau hidup mati sendiri.
Maka dari itu, cobalah untuk mengurangi pemakaiannya. Gunakan smartphone Xiaomi kamu secara wajar dan tidak berlebihan supaya masalah tersebut tidak timbul lagi.
 

Melakukan Flashing

Cara lainnya, kamu bisa melakukan flashing untuk mengatasi HP Xiaomi yang hidup mati sendiri. Flashing juga bisa dilakukan apabila ketika HP dihidupkan, tidak sampai benar-benar hidup tetapi cuma sampai muncul logo xiaomi saja.
Apabila kamu akan melakukan flashing, wajib  ROM firmware Xiaomi yang sesuai dengan tipenya. Karena setiap ponsel Xiaomi ROM firmwarenya berbeda.
 

Bawa Ke Tempat Servis

Jika semua cara di atas sudah dilakukan tapi belum juga menyelesaikan masalah, cara terakhir ya membawa HP Xiaomi Anda ke tempat service. Alangkah lebih baik bawa ke service center resmi, bukan service abal-abal.
Apalagi kalau masih aktif masa garansinya. Mungkin saja, kamu tidak terlalu mengeluarkan biaya yang terlalu mahal.
Itulah dia berbagai cara mengatasi HP Xiaomi hidup mati lagi terus menerus. Semoga berguna bagi kamu yang ponsel Xiaominya mengalami hal yang sama.

Dimas Selain suka dia, Saya juga suka bagi tutorial di Blogdimas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.