5 Cara Mengatasi Kursor Laptop Tidak Bergerak

1 min read

Cara Mengatasi Kursor Laptop Tidak Bergerak – Rasanya cukup mengesalkan ketika kita sedang fokus beraktivitas menggunakan laptop eh tiba-tiba kursor tak mau bergerak. Misalnya saja sedang mendesain poster, rasanya kursor adalah jantung untuk menggerakkan tools yang ada di aplikasi desain grafis.
Kursor Laptop Tidak Bergerak
Selain itu, tak hanya saat kamu mendesain tetapi saat sekadar membuka-buka file juga akan terganggu. Terlihat sepele, tetapi jika berlangsung terus menerus rasanya geregetan juga ya. Pasti kamu tau rasanya, bukan?
Kursor merupakan bagian yang penting bagi sebuah laptop, jika mengalami masalah maka laptop hilang sudah kesempurnaannya. Membuka laptop tak akan senyaman dulu, sewaktu kursor bisa bergerak.
Nah, jika hal ini sedang melanda sobat sekalian, kamu bisa ikuti 5 cara mengatasi kursor tidak bergerak berikut ini.

Cara Mengatasi Kursor Laptop Tidak Bergerak

Kamu tak perlu khawatir, ini dia 5 cara mengatasi kursor tidak bisa bergerak. Yuk dibaca!

1. Bersihkan Touchpad Laptop

Salah satu penyebab kursor laptop tidak bergerak adalah touchpad yang kotor. Pastikan selalu touchpad laptop kamu dalam keadaan bersih dan saat menyentuhnya pastikan pula jari kamu bersih.
Jika touchpad dalam keadaan kotor, berdebu, dan sebagainya cobalah usap dengan kain lap bersih. Jika tangan atau jari kamu yang kotor, cobalah untuk membersihkannya terlebih dahulu. Pastikan juga tangan tidak berminyak ataupun dalam kondisi basah.
Nah, bisa jadi kursor yang tidak bergerak karena touchpad laptop sudah lama tidak dibersihkan. Apalagi jika laptop terlalu lama disimpan, kemungkinan besar akan mengalami gangguan berupa kursor tidak bisa bergerak. Selalu rutin membersihkan laptop ya. Nah itu dia cara mengatasi kursor laptop yang tidak bisa bergerak yang pertama.

2. Cek Dulu Apakah Touchpad sudah Aktif atau Belum

Laptop habis ditekan-tekan sembarangan? Atau adik kecil kamu iseng menekan-nekan tombol di keyboard? Nah, itu bisa menjadi penyebab kursor laptop tidak bergerak. Ada beberapa tombol yang bisa mengaktifkan kembali touchpad laptop kamu.
Berikut cara untuk mengaktifkannya kembali:
  1. Pastikan laptop dalam keadaan menyala dengan sempurna
  2. Lalu, coba tekan tombol Fn + F9 pada keyboard
  3. Laptop akan menghidupkan fungsi kursor kembali

3. Cek Setting atau Pengaturan Mouse Laptop

Jika dua cara di atas belum bisa mengatasi masalah kursor yang tidak bergerak, cobalah cara ketiga ini.
  1. Coba tekan Windows Key + R di keyboard laptop kamu.
  2. Selanjutnya, ketikkan cpl dan Enter untuk membuka sebuah properti Mouse (Pengaturan kursor).
  3. Lalu, kamu perlu mengklik tab Device Settings.
  4. Terakhir, hapus centang di opsi “Disable internal pointing…”

4. Cobalah untuk Menginstall Driver Touchpad

Masih belum bisa dengan tiga cara mengatasi kursor laptop tidak bergerak sebelumnya? Cobalah untuk menginstall Driver Touchpad untuk bisa kembali mengaktifkan kursor.
Pada windows 10 sendiri biasanya akan melakukan update pada device manager. Selain itu, kamu juga bisa memakai aplikasi driver pihak ketiga misalnya Driver Easy.

5. Bawa ke yang Ahli

Cara kelima ini terbilang sangat mudah dan sangat direkomendasikan bagi kamu yang kurang memahami hal teknis. Apabila keempat cara di atas sudah mentok tidak bisa mengaktifkan kembali kursor laptop, maka saatnya kamu perlu untuk membawa laptop ke orang yang ahli di bidang komputer. 
Demi kembalinya kursor laptop yang bisa bergerak, memang kita perlu mencoba beberapa cara yang telah disebutkan di atas. Semoga artikel mengenai cara mengatasi kursor laptop tidak bergerak bisa membantu kamu ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.