Pengertian Spam Dalam Sebuah E-mail Beserta Cara Mencegahnya - Blog Dimas
News Update
Loading...

Selasa, 19 Oktober 2021

Pengertian Spam Dalam Sebuah E-mail Beserta Cara Mencegahnya

Seperti yang kita tahu bahwa spam dalam sebuah Email memang cukup menjengkelkan jika kita yang terkena. Spam di Email sudah ada sejak lama dan banyak dilakukan orang untuk tujuan tertentu.

Seperti yang kita tahu bahwa Email merupakan sebuah surat elektronik yang memungkinkan pengguna mengirim surat melalui internet. Dimana Email ini sudah ada sejak lama dan mempermudah orang dalam berbagi sebuah pesan.

Saat ini Email tak hanya digunakan untuk berbagi pesan saja. Melainkan bisa menjadi sebuah akun yang menyimpan berbagai data seperti Email dari Google yang disebut G-mail.

Pengertian Spam Dalam Sebuah E-mail

Namun masih banyak orang yang salah dalam menggunakan Email dan salah satunya digunakan untuk spam.

Pengertian Spam Dalam Sebuah E-mail


Spam dalam sebuah E-mail merupakan sebuah tindakan penyalahgunaan sebuah Email atau surat elektronik. Dimana Email akan di kirim secara banyak dan mengirim pesan secara terus menerus.

Sehingga hal ini membuat penerima Email tersebut merasa tidak nyaman dan terganggu karena adanya Email yang tidak diinginkan secara terus menerus masuk. Hal inilah yang merupakan sebuah sebutan dari spam Email.

Pengirim spam Email sendiri biasanya mempunyai tujuan tersendiri seperti agar membuat orang tak nyaman, promosi sesuatu, kebutuhan marketing, berbagi berita, membagikan kebohongan, untuk penipuan dan masih banyak lagi.

Jelas kita yang mendapat sebuah Email Spam akan cukup mengganggu kita karena mendapat Email secara terus menerus. Dan juga akan merugikan kita karena pesan utama akan tenggelam karena tertumpuk oleh Email spam.


Cara Mencegah Spam Dalam Email


Berikut beberapa cara mencegah agar spam dalam email tidak banyak dan juga bertambah.

1. Jangan Menanggapi Spam Email


Cara pertama untuk mencegahnya yaitu jangan menanggapinya. Misalnya ada Email spam masuk dan meminta sobat untuk melakukan survey atau apa, Maka jangan menanggapinya.

Karena kita tak tahu apakah Email tersebut termasuk penipuan atau phising. Apalagi Email yang masuk mempunyai alamat Email abal-abal alias tidak wajar. Maka bisa dipastikan Email tersebut mencurigakan. Sehingga abaikan dan jangan menanggapi, Karena ditakutkan penipuan atau phising.

2. Aktifkan Filter Spam


Biasanya Email yang kita gunakan sudah dilengkapi dengan filter spam. Contohnya Gmail, Dimana sudah ada fitur untuk filter apakah email masuk spam atau bukan. Bahkan kita bisa menandai Email tersebut spam, Sehingga otomatis akan di pisahkan dengan Email utama.

Jadi dengan adanya filter spam pada Email ini, Maka Email dari orang yang masuk bisa kita terima dan terpisah dengan Email yang merupakan spam Email.

Akhir Kata

Begitulah pengertian spam dalam sebuah email beserta cara mencegahnya. Sobat perlu perhatikan semua email yang masuk agar terhindar dari segala penipuan melalui Email. Terimakasih telah membaca dan jangan lupa share artikel ini ya.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done