8 Cara Mengatasi Nomor Telepon Tidak Bisa Menerima Panggilan - Blog Dimas
News Update
Loading...

Rabu, 14 April 2021

8 Cara Mengatasi Nomor Telepon Tidak Bisa Menerima Panggilan

Nomor telepon yang tidak bisa menerima panggilan akan membuat kita kesulitan komunikasi dengan orang lain. Apalagi ada teman atau saudara yang hendak menelpon tapi tidak bisa-bisa karena nomor sobat tidak bisa menerima panggilan.

Nomor telepon yang tidak bisa menerima panggilan biasanya dikarenakan beberapa penyebab. Dan bisa jadi dari provider atau dari perangkat yang mengalami masalah. Masalah ini juga sering terjadi dan dialami orang-orang.

Dimana tiba-tiba nomor tidak bisa menerima panggilan. Sehingga pengguna mengalami kesulitan saat berkomunikasi dengan orang. Dan beberapa orang menganggap bahwa masalah ini karena adanya kerusakan pada smartphone.

Nomor Telepon Tidak Bisa Menerima Panggilan

Memang penyebabnya belum jelas dan kebanyakan membuat pengguna bingung bagaimana solusinya. Dan jika sobat mengalami hal ini tenang saja, Sobat bisa lakukan cara dibawah ini untuk mengatasi nomor Telepon yang tidak bisa menerima panggilan.

Cara Mengatasi Nomor Telepon Tidak Bisa Menerima Panggilan


Ada 8 cara yang bisa sobat coba untuk mengatasi nomor telepon yang tidak bisa menerima panggilan.

1. Ubah 4G ke 3G


Beberapa smartphone memang sudah mendukung fitur VoLTE. Namun ada juga beberapa smartphone yang belum mendukung. Karena fitur VoLTE memungkinkan jaringan 4G LTE bisa menerima panggilan.

Tapi jika belum bisa maka pengguna bisa setel atau ubah jaringan dari 4G only ke 2G/3G/4G atau ke 3G only. Dan jika sobat bingung mengubah jaringan dimana, Maka sobat bisa menuju ke setting > jaringan seluler.

2. Restart Perangkat


Cara kedua ini cukup efektif dalam mengatasi nomor telepon yang tidak bisa menerima panggilan. Caranya yaitu dengan restart perangkat dan tunggu proses restart sampai selesai.


3. Aktifkan Nomor Jika Mati


Jika nomor sobat merupakan nomor yang sudah mati karena sudah melewati masa tenggang dari provider. Maka sobat perlu aktifkan nomor tersebut agar bisa dihubungi kembali oleh seseorang.

Karena jika nomor sudah mati maka beberapa layanan pada nomor tersebut juga ikut mati. Dan untuk mengaktifkannya maka sobat perlu mendatangi gerai provider seperti Grapari. Dan siapkan data-data pribadi untuk mengaktifkan kartu tersebut.

4. Pastikan Nomor Tidak Diblokir Provider


Nomor yang di blokir oleh provider juga bisa menyebabkan nomor tidak bisa menerima panggilan. Untuk memastikan nomor sobat diblokir atau tidak, Sobat bisa menghubungi provider melalui sosial media atau email yang ada. 

5. Mode Pesawat


Langkah kelima yang bisa sobat coba yaitu dengan menyalakan mode pesawat dan kemudian mematikannya lagi. Tujuan hal ini yaitu untuk refresh jaringan agar berfungsi normal. Sehingga jika ada seseorang yang memanggil, Maka sobat bisa menerima panggilan.

6. Pastikan Sinyal Lancar


Kualitas sinyal juga memengaruhi perangkat untuk menerima panggilan. Jika tidak ada sinyal sama sekali atau lelet nya parah. Maka otomatis perangkat akan kesulitan menerima panggilan. Solusinya untuk hal ini yaitu dengan berpindah tempat ke tempat yang mempunyai kualitas sinyal cukup bagus agar nomor telepon bisa menerima panggilan.

7. Gangguan Dari Provider


Penyebab nomor telepon tidak bisa menerima panggilan yaitu gangguan dari provider. Karena adanya gangguan maka beberapa layanan dari nomor yang sobat gunakan tidak bisa digunakan dalam sementara waktu. Solusinya hanya bisa menunggu sampai gangguan dari provider ini bisa pulih sendirinya.

8. Nomor Penelpon Di Blokir


Mungkin saja sobat tidak bisa menerima panggilan dari nomor tertentu karena nomor tersebut sobat blokir. Mungkin sobat lupa akan blokir nomor tersebut atau salah setting. Sehingga sobat perlu membuka blokir agar bisa menerima panggilan telepon.

Akhir Kata


Mungkin cukup sekian pembahasan mengenai cara mengatasi nomor telepon tidak bisa menerima panggilan. Semoga cara ini bermanfaat dan bisa mengatasi masalah tersebut.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done