5 Alasan Kenapa CPNS Tidak Pernah Sepi Peminat - Blog Dimas
News Update
Loading...

Selasa, 19 November 2019

5 Alasan Kenapa CPNS Tidak Pernah Sepi Peminat

Pendaftaran CPNS tahun 2019 telah dibuka. Setiap periodenya pendaftaran CPNS tidak pernah sepi peminat. Tingginya antusiasme masyarakat ini menunjukkan bahwa PNS masih menjadi salah satu pekerjaan yang banyak diminati oleh banyak orang.

5 Alasan Kenapa CPNS Tidak Pernah Sepi Peminat

Dengan Tingginya minat lulusan baru setiap tahunnya untuk menjadi PNS. Wajar jika pada akhirnya banyak yang tidak diterima menjadi PNS karena tidak sembangnya formasi yang dibuka dengan lulusan yang mendaftarkan diri.

PNS Menawarkan  Banyak “Kemudahan”

Dengan kemudahan dan banyak fasilitas yang didapatkan setelah diterima di posisi tertentu . Umum jika ternyata orang masih sangat mendewakan Tes CPNS Sebagai jalan sukses satu- satunya.

Fasilitas mobil dinas, rumah dinas, gaji terjamin dna pesangan setelah pensiun. Siapa orang yang tidak mau jika harus menerima kemudahan itu hanya dengan sebuah tes yang bisa jadi sekali saja dilakukan. Dijamin tidak akan ada yang menolak.

Namun meski prosesnya kadang sangat panjang, melelahkan dan dipenuhi kegagalan yang tidak ada habisnya. Masih saja banyak orang yang tetap berharap menjadi seorang pegawai negeri sipil.

Nah dibawah ini ada 5 alasan kenapa CPNS masih menjadi pekerjaan yang banyak diminati oleh banyak orang bahkan milenial.

Berikut 5 alasan kenapa CPNS tidak pernah sepi peminat :


1. Pekerjaan yang Stabil 


PNS pada dasarnya adalah pegawai yang diangkat oleh negara. Artinya adalah pegawai yang   hanya dapat diangkat dan diberhentikan oleh negara.

Hal ini menunjukkan bahwa posisi PNS sangatlah stabil dan jauh dari risiko pemecatan dan PHK.   yang biasa terjadi di sebuah perusahaan. Minimnya risiko kerja tersebut. Membuat orang-orang seakan tidak ingin melewatkan kesempatan sedikitpun jika pemerintah membuka pendaftaran CPNS.

Disamping minim resiko PHK. PNS juga menawarkan berbagai macam fasilitas yang menjanjikan. Membuat Tes CPNS jadi tidak pernah sepi peminat sama sekali meski presentasi kelulusan cukup kecil.


2. Jenjang Karir Yang Lebih Jelas


Alasan kedua mengapa CPNS tidak pernah sepi peminat adalah kejelasan jenjang karir yang ditawarkan. Kenaikan pangkat untuk PNS pun memiliki aturan yang jelas.

Mereka yang menginginkan kenaikan jabatan harus melalui masa kerja tertentu, memiliki prestasi kerja atau yang dikenal dengan SKP,serta penilaian angka kredit yang mencukupi (Menpan.go.id).

Kejelasan jenjang karir dan proses pencapainnya paling tidak mampu memberikan kelegaan tersendiri bagi PNS. Selain itu tidak ada tuntutan untuk mencapai jabatan tertentu selama mengabdi sebagi PNS. Sehingga kenaikan jenjang karir dikembalikan pada individu masing-masing. 


3. Gaji dan Tunjangan yang Menjanjikan


Jumlah gaji PNS yang ditawarkan tentunya disesuaikan dengan jabatan dan golongan yang diampu. Jumlah gaji PNS golongan terendah yaitu Rp 1.560.800 serta untuk golongan tertinggi sebesar Rp 5.901.200.

Tidak hanya itu, PNS juga mendapatkan tunjangan yang diperuntukan bagi keluarga inti seperti anak dan istri hingga terdapat pula tunjangan kinerja. Jika dilihat sekilas gaji yang ditawarkan memang tidak sebesar pegawai swasta, namun keberlangsungan dan kesinambungan yang dijanjikan tetap menjadi pilihan.


4. Kenaikan Status Sosial


Percaya atau tidak di beberapa wilayah maupun lingkungan sosial PNS masih dianggap sebagai suatu golongan menengah ke atas. PNS dianggap memiliki kestabilan tingkat ekonomi jika dibandingkan dengan pekerja lain.

Selain itu bekerja di kantor dengan seragam yang bersih juga dianggap menjadi representasi status sosial menengah oleh kalangan tertentu.  Fakta dari lingkungan sosial ini makin menjelaskan kenapa pendaftaran CPNS tidak pernah sepi peminat.


5. Tunjangan Pensiun di Hari Tua


Tunjangan pensiun merupakan salah satu faktor terbesar yang menyebabkan CPNS tidak pernah sepi peminat. Hampir semua orang mengharapkan hidup bahagia dimasa tua dengan jaminan yang jelas dan cukup. Menikmati hasil kerja keras dimasa tua tentu  diinginkan oleh semua orang.

Hal inilah yang sudah bisa dipastikan akan didapatkan bagi mereka yang berprofesi sebagai PNS.

Besarnya tunjangan pensiun akan disesuaikan dengan jabatan terakhir yang diampu seorang PNS, sehingga besarnya bervariasi anatara satu PNS dengan lainnya.

Meskipun jika dibandingkan jumlah gaji PNS saat bekerja lebih kecil dibanding pekerja swasta, namun tunjangan dana pensiun PNS lebih menjanjikan. 

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done